Sabtu, 16 Februari 2019 | 10.32 WIB
KiniNEWS>Dunia>Peristiwa>Nelayan Indonesia bersumpah mengetahui lokasi jatuhnya MH370

Nelayan Indonesia bersumpah mengetahui lokasi jatuhnya MH370

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:42 WIB

IMG-5048

Illustrasi: Pesawat Malaysia Airline MH370 tenggelam di laut, diketahui nelayan Indonesia.

MALAYSIA, kini.co.id – SEORANG nelayan asal Indonesia bernama Rusli Khusmin secara mendadak mengungkap tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 di Subang Jaya, Malaysia. Bahkan dia mengaku melihat detik-detik pesawat itu terjun bebas dari udara.

Sebuah laman news.com.au, pagi ini, Jumat (18/1/2019), menyebut pria berusia 42 tahun itu menjelaskan pesawat MH370 jatuh tak ada suara bising yang terdengar. Rusli hanya melihat kepulan asap dan mencatat titik koordinat jatuhnya pesawat tersebut.

”Saya melihat pesawat bergerak dari kiri ke kanan seperti layang-layang yang rusak. Tidak ada suara, hanya asap hitam akibat kebakaran sebelum menabrak air,” katanya.

Nelayan Indonesia itu berkisah dalam konferensi pers di Subang Jaya, Kuala Lumpur, sambil bersumpah di atas Alquran, sekaligus menyerahkan bukti dan navigator GPS yang diyakininya lokasi MH370 jatuh.

Namun ketika ditanya, Rusli tidak menjelaskan kenapa baru sekarang memberi kesaksian setelah lima tahun, tepatnya 8 Maret 2014 pesawat MH370 hilang. Data tersebut saat ini sudah diserahkan ke LSM Malaysia bernama CASSA.

LSM Malaysia yang bergerak di bidang hukum dan keadilan publik itu mengatakan kesaksian Rusli menjadi alat bukti baru. Presiden CASSA Jacob George bilang, dia akan mengirimkan secara resmi bukti dari Rusli kepada Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Dikabarkan sebelumnya, bahwa otoritas Prancis telah membuka kembali penyelidikan tragedi Malaysia Airlines (MAS) MH370. Penyelidikan dibuka lagi setelah ada laporan otoritas Malaysia yang gagal memberikan penjelasan pasti atas tragedi itu.

Laporan yang disampaikan pada 30 Juni 2018 itu menuai kekecewaan keluarga korban, yang bahkan menuduh adanya upaya menutup-menutupi dari pemerintah Malaysia.

Surat kabar Prancis, Le Parisien, menyatakan para penyidik Prancis bertekad untuk memverifikasi data-data dari Inmarsat (operator jaringan satelit global Inggris) yang melacak sinyal ‘ping’ dari MH370 di Samudra Hindia dekat Australia Barat.

Posisi jatuhnya pesawat jenis Boeing 777-200ER yang membawa 239 orang itu. MH370 menghilang misterius pada 8 Maret 2014, setelah melenceng jauh dari rute Kuala Lumpur-Beijing.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
Unik - Senin, 28 Januari 2019 - 13:55 WIB

India larang SD main game PUBG

PARA pemain PlayerUnknowns BattleGrounds (PUBG) Mobile di India harus menahan diri. Bagi kalangan sekolah dasar (SD), game ini resmi dilarang, ...
Peristiwa - Senin, 21 Januari 2019 - 11:00 WIB

Pintu Membeku, 250 Penumpang United Airlines Terdampar Selama 16 Jam

250 Penumpang United Airlines terdampar selama 16 jam di landasan salah satu bandara yang ada di Kanada. Ini lantaran pintu ...
Peristiwa - Jumat, 18 Januari 2019 - 09:45 WIB

Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth, kecelakaan lalu lintas

SUAMI Ratu Inggris Elizabeth II, Pangeran Philip dikabarkan mengalami kecelakaan lalu lintas di sebuah kawasan, 160 kilometer sebelah utara ...
Peristiwa - Jumat, 18 Januari 2019 - 09:28 WIB

Ustadz Arifin Ilham membaik, segera keluar rumah sakit

USTADZ Arifin Ilham yang dirawat Rumah Sakit Gleneagles, Penang, Malaysia, dalam dua pekan terakhir, dikabarkan semakin membaik. Pihak rumah sakit ...
Peristiwa - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:32 WIB

Fakta mengerikan: Ada website jual beli daging manusia

DUNIA maya ternyata pernah menjadi rumah untuk praktik kanibalisme. Di dunia mayalah terdapat situs dan forum yang secara ternag-terangan membahas ...
Peristiwa - Jumat, 11 Januari 2019 - 13:43 WIB

Meninggalkan Dunia Entertain, Kini Meghan Markle Siap Kembali Berakting

Menjadi istri pangeran kerajaan membuat Meghan Markle berkomitmen melepaskan segala keartisannya termasuk berhenti syuting dan menghapus Instagram miliknya.Hal itu karena ...