Rabu, 20 Maret 2019 | 22.15 WIB
KiniNEWS>Dunia>Politik>Jokowi amat kecewa terhadap Saudi akibat eksekusi mati TKI

Jokowi amat kecewa terhadap Saudi akibat eksekusi mati TKI

Rabu, 31 Oktober 2018 - 16:39 WIB

IMG-4885

Presiden RI Joko Widodo amat kecewa terhadap Arab Saudi, akibat eksekusi mati TKI tanpa komunikasi dengan pemerintah RI di negara itu.

JAKARTA, kini.co.id – PRESIDEN Joko Widodo sangat menyesalkan keputusan pemerintah Arab Saudi mengeksekusi mati Tenaga Kerja Indonesia, Tuti Tursilawati tanpa pemberitahuan. Padahal, dia mengaku sudah berulang kali membahas persoalan ini ketika bertemu perwakilan Arab Saudi.

“Ya memang itu patut kami sesalkan. Itu tanpa notifikasi,” kata Jokowi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (31/10).

Jokowi menyatakan selama ini dia berdialog langsung dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud soal hukuman mati kepada TKI ini. Hal serupa juga dilakukan ketika bertemu Putera Mahkota Muhammad bin Salman, bahkan Menteri Luar Negeri Arab Adel al-Jubeir beberapa waktu lalu.

Sejumlah upaya dilakukan pemerintahan Indonesia guna menghentikan eksekusi Tuti, bahkan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. SBY beberapa tahun lalu juga sudah menyurati Raja Salman.

Hanya saja, Tuti tetap dieksekusi pada 29 Oktober. Kasus ini bermula pada 2010 atas dugaan pembunuhan terhadap majikannya, Suud Malhaq Al Utibi. Tuti sempat memukul majikannya dengan sebatang kayu dan kabur dari rumah.

Kasus ini kemudian diputus pengadilan Saudi pada 2011, dan Tuti diganjar hukuman mati mutlak. Sejak saat itu, pemerintah berusaha meringankan hukuman melalui pendampingan kekonsuleran, tiga kali pengajuan banding, dan peninjauan kembali.

Jokowi kembali mengungkapkan kekecewaannya karena eksekusi dilakukan tanpa notifikasi terlebih dahulu kepada pihaknya.

“Kami sudah memanggil duta besar Arab Saudi, menyampaikan kembali protes karena tidak ada notifikasi,” kata mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi menyatakan telah memerintahkan Kementerian Luar Negeri terus memfasilitasi keluarga Tuti. Kemlu sebelumnya berhasil membawa keluarga Tuti ke Arab Saudi pada 2012, 2015, 2018.

Setelah eksekusi, pihak Kemlu juga datang langsung ke rumah keluarga Tuti di Majalengka untuk menyampaikan bela sungkawa.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
Unik - Senin, 28 Januari 2019 - 13:55 WIB

India larang SD main game PUBG

PARA pemain PlayerUnknowns BattleGrounds (PUBG) Mobile di India harus menahan diri. Bagi kalangan sekolah dasar (SD), game ini resmi dilarang, ...
Peristiwa - Senin, 21 Januari 2019 - 11:00 WIB

Pintu Membeku, 250 Penumpang United Airlines Terdampar Selama 16 Jam

250 Penumpang United Airlines terdampar selama 16 jam di landasan salah satu bandara yang ada di Kanada. Ini lantaran pintu ...
Peristiwa - Jumat, 18 Januari 2019 - 10:42 WIB

Nelayan Indonesia bersumpah mengetahui lokasi jatuhnya MH370

SEORANG nelayan asal Indonesia bernama Rusli Khusmin secara mendadak mengungkap tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 di Subang Jaya, ...
Peristiwa - Jumat, 18 Januari 2019 - 09:45 WIB

Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth, kecelakaan lalu lintas

SUAMI Ratu Inggris Elizabeth II, Pangeran Philip dikabarkan mengalami kecelakaan lalu lintas di sebuah kawasan, 160 kilometer sebelah utara ...
Peristiwa - Jumat, 18 Januari 2019 - 09:28 WIB

Ustadz Arifin Ilham membaik, segera keluar rumah sakit

USTADZ Arifin Ilham yang dirawat Rumah Sakit Gleneagles, Penang, Malaysia, dalam dua pekan terakhir, dikabarkan semakin membaik. Pihak rumah sakit ...
Peristiwa - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:32 WIB

Fakta mengerikan: Ada website jual beli daging manusia

DUNIA maya ternyata pernah menjadi rumah untuk praktik kanibalisme. Di dunia mayalah terdapat situs dan forum yang secara ternag-terangan membahas ...