Tuesday, 17 July 2018 | 13.03 WIB
KiniNEWS>Dunia>Global>Militer Filipina: Pimpinan Abu Sayyaf, Abu Asrie Ditangkap

Militer Filipina: Pimpinan Abu Sayyaf, Abu Asrie Ditangkap

Tuesday, 5 September 2017 - 12:33 WIB

IMG-4682

Militer Filipina di Mindanao Barat. Foto TRT

MANILA, kini.co.id – Seorang tersangka pimpinan kelompok Abu Sayyaf, Hajar Abdul Mubin alias Abu Asrie bersama tujuh militan lainnya ditangkap kepolisian Malaysia, Ahad (3/9).

Menurut militer Filipina, selain Abu Asrie, seorang militan Filipina lainnya yang dicurigai dan teridentifikasi adalah Abraham Ebong, dan enam orang warga Malaysia keturunan Filipina dari Sabah juga turut diamankan.

Penangkapan tersebut merupakan perkembangan signifikan dalam kerja sama keamanan pemerintah Filipina dengan Malaysia dan negara-negara tetangga lainnya di Asia.

“Untuk membatasi gerak terorisme termasuk usaha merekrut anggota baru atau individu untuk mendukung terorisme atau ekstremisme kekerasan,” sebut militer Filipina.

Menurut laporan media Malaysia, Abu Asrie diyakini sebagai anggota Lucky 9, sebuah kelompok penculikan yang meminta tebusan dengan basis di Jolo yang memiliki kaitan dengan kelompok teror Abu Sayyaf yang berbasis di hutan Jolo dan kepulauan Basilan di Filipina selatan.

Geng Lucky 9 terlibat dalam kegiatan penculikan-untuk-tebusan di Sulu dan diketahui meminta uang tebusan sebesar 10.000 peso Filipina.

Abu Asrie juga disebutkan sebagai tangan kanan letnan utama Furuji Indama, pemimpin faksi Abu Sayyaf yang berbasis di Basilan.

Pada 21 Agustus lalu, kelompok Indama melakukan penyerangan sebuah desa di kota Maluso di provinsi selatan Basilan, yang menyebabkan sembilan warga sipil tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Abu Asrie diketahui memasuki Malaysia pada tahun 2015 setelah bertemu dengan militan ISIS Malaysia Dr. Mahmud Ahmad, Mohd Najob Hussein dan Muhammad Joraimee di Basilan.

Anggota kelompok ini memiliki hubungan dengan Abu Sayyaf dalam pelarian di Jolo setelah pasukan keamanan Filipina melakukan pengejaran.

Dr Mahmud bersama pemimpin Abu Sayyaf lainnya juga diketahui merupakan kelompok Maute yang melakukan penyerangan Kota Marawi di Mindanao.

Saat ini Abu Asrie akan menghadapi tuntutan di Malaysia atas tindak terorisme. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
Global - Sunday, 10 December 2017 - 13:11 WIB

Lebih dari ratusan orang luka-luka akibat protes di Palestina

Bulan Sabit Merah Palestina dalam pernyataan tertulisnya menyebutkan sekitar dua ratus lebih warga Palestina terluka dalam protes terbaru di ...
Global - Saturday, 9 December 2017 - 09:25 WIB

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza, Puluhan Luka-luka

Setelah keputusan Presiden AS, Donald Trump soal Yerusalem, hububgan Palestina dan Israel semakin buruk.Sejak Jumat (8/12/2017), Israel mulai menggempur Jalur ...
Global - Saturday, 9 December 2017 - 09:04 WIB

DK PBB Kritik Kecam Donald Trump Terkait Yerusalem

Keputusan sepihak Presiden AS Donald Trump yang menjadikan Yerusalem sebagai Ibukota Israel mendapat kecaman dari PBB.Pasalnya, PBB selama ini mengupayakan ...
Global - Friday, 8 December 2017 - 18:20 WIB

Al- Qaidah serukan pengikutnya berjihad terkait status Yerusalem

Keputusan Pesiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang berkeras menyatakan Kota Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, mendapat kecaman bukan cuma organisasi ...
Global - Friday, 8 December 2017 - 13:41 WIB

Lawan Keputusan Trump, Ini yang Dilakukan Pemerintah Indonesia

Gelombang protes terhadap keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel datang dari berbagai negara di dunia. ...
Global - Friday, 8 December 2017 - 13:33 WIB

Eropa tolak pengakuan Trump soal status Yerusalem

Pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal status kota Yerusalem sebagai ibu kota Israel ditentang banyak pihak. Para pemimpin negara ...
Place your ads here...