Minggu, 21 Oktober 2018 | 19.21 WIB
KiniNEWS>Dunia>Global>Militer Filipina: Pimpinan Abu Sayyaf, Abu Asrie Ditangkap

Militer Filipina: Pimpinan Abu Sayyaf, Abu Asrie Ditangkap

Selasa, 5 September 2017 - 12:33 WIB

IMG-4682

Militer Filipina di Mindanao Barat. Foto TRT

MANILA, kini.co.id – Seorang tersangka pimpinan kelompok Abu Sayyaf, Hajar Abdul Mubin alias Abu Asrie bersama tujuh militan lainnya ditangkap kepolisian Malaysia, Ahad (3/9).

Menurut militer Filipina, selain Abu Asrie, seorang militan Filipina lainnya yang dicurigai dan teridentifikasi adalah Abraham Ebong, dan enam orang warga Malaysia keturunan Filipina dari Sabah juga turut diamankan.

Penangkapan tersebut merupakan perkembangan signifikan dalam kerja sama keamanan pemerintah Filipina dengan Malaysia dan negara-negara tetangga lainnya di Asia.

“Untuk membatasi gerak terorisme termasuk usaha merekrut anggota baru atau individu untuk mendukung terorisme atau ekstremisme kekerasan,” sebut militer Filipina.

Menurut laporan media Malaysia, Abu Asrie diyakini sebagai anggota Lucky 9, sebuah kelompok penculikan yang meminta tebusan dengan basis di Jolo yang memiliki kaitan dengan kelompok teror Abu Sayyaf yang berbasis di hutan Jolo dan kepulauan Basilan di Filipina selatan.

Geng Lucky 9 terlibat dalam kegiatan penculikan-untuk-tebusan di Sulu dan diketahui meminta uang tebusan sebesar 10.000 peso Filipina.

Abu Asrie juga disebutkan sebagai tangan kanan letnan utama Furuji Indama, pemimpin faksi Abu Sayyaf yang berbasis di Basilan.

Pada 21 Agustus lalu, kelompok Indama melakukan penyerangan sebuah desa di kota Maluso di provinsi selatan Basilan, yang menyebabkan sembilan warga sipil tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Abu Asrie diketahui memasuki Malaysia pada tahun 2015 setelah bertemu dengan militan ISIS Malaysia Dr. Mahmud Ahmad, Mohd Najob Hussein dan Muhammad Joraimee di Basilan.

Anggota kelompok ini memiliki hubungan dengan Abu Sayyaf dalam pelarian di Jolo setelah pasukan keamanan Filipina melakukan pengejaran.

Dr Mahmud bersama pemimpin Abu Sayyaf lainnya juga diketahui merupakan kelompok Maute yang melakukan penyerangan Kota Marawi di Mindanao.

Saat ini Abu Asrie akan menghadapi tuntutan di Malaysia atas tindak terorisme. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
Peristiwa - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 12:47 WIB

Soal Jurnalis Khashoggi, Raja Salman-Erdogan Berdiskusi Lewat Telpon

erkara pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi membuat Raja Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz turun tangan. Raja Salman pun membahas soal itu ...
Global - Jumat, 19 Oktober 2018 - 18:33 WIB

Jokowi masuk 50 Muslim berpengaruh Dunia

PRESIDEN Joko Widodo masuk dalam daftar 50 muslim paling berpengaruh di dunia. Dalam edisi 2019 daftar Muslim 500 yang dirilis ...
Peristiwa - Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:46 WIB

Bawa Gergaji Tulang, Pria Ini Diduga Bunuh dan Mutilasi Jurnalis Jamal Khashoggi

enyelidikan pembunuhan terhadap jurnalis Turki Jamal Khashoggi di Konsulat Arab Saudi mencapai titik terang.Polisi menetapkan seorang terduga pembunuh yakni dr ...
Peristiwa - Rabu, 17 Oktober 2018 - 17:58 WIB

Menlu AS temui Presiden Turki bahas wartawan hilang

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di Ankara pada Rabu (17/10). ...
Peristiwa - Rabu, 17 Oktober 2018 - 10:00 WIB

Pippa Middleton Melahirkan Anak Pertamanya

Pippa Middleton dan James Matthews kini tengah berbahagia. Pasalnya adik perempuan The Duchess of Cambridge itu baru-baru ini melahirkan anak ...
Peristiwa - Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:22 WIB

Bukan Jadi Duta, Selebriti Cina Ini Ditahan Karena Dianggap Hina Lagu Kebangsaan

Seorang selebriti online di Cina ditahan gegara dianggap menghina lagu kebangsaan. Wanita cantik bernama Yang Kaili itu ditahan selama 5 ...