Minggu, 21 Oktober 2018 | 19.53 WIB
KiniNEWS>Dunia>Global>Punya Bunker Bawah Tanah Seperti Ini, Bikin Korut Tak Takut AS?

Punya Bunker Bawah Tanah Seperti Ini, Bikin Korut Tak Takut AS?

Reporter : Riki AB. | Sabtu, 12 Augu 2017 - 11:31 WIB

IMG-4633

Sistem kereta bawah tanah korut, diklaim mejadi sistem metro terdalam di dunia. (Ist)

Pyongyang, kini.co.id – Korea Utara terus memberikan sinyal penyerangan terhadap Amerika Serikat dan wilayahnya. Baru-baru ini, Presiden Korea Utara (Korut), Kim Jong Un juga memulai uji coba rudal balistik mereka.

Tak hanya uji coba, Korut juga merencanakan serangan ke Guam, yang merupakan wilayah Amerika Serikat.

Korut tampaknya tak segan memamerkan kecanggihan peralatan perang mereka dan menunjukkan betapa mereka tidak takut menghadapi negara adikuasa seperti AS.

Baru-baru ini tersebar foto sistem metro bawah tanah milik Korea Utara. Foto-foto itu diambil fotografer asal Perancis, Eric Laforgue yang sedang melakukan perjalanan kesana.

Dikutip dari Dailymail, Sabtu (12/8/2017) kereta bawah tanah milik Korut ini diklaim menjadi sistem metro terdalam di dunia. Sehingga, jika ada serangan nuklir, warga Korut bisa bersembunyi di kedalaman 360 kaki.

Keberadaan sistem metro bawah tanah ini juga disebut alasan mengapa Korut tak pernah takut dengan ancaman perang AS. Bahkan baru-baru ini pejabat tinggi Korut menyatakan mereka tidak gentar terhadap serangan AS.

Secara normal, ruang bawah tanah ini berfungsi sebagai transportasi bawah tanah. Namun, itu juga akan berubah menjadi shelter perlindungan ketika perang meletus.

Sistem metro bawah tanah ini berada di kedalaman 360 kaki di bawah kota Pyongyang dan memiliki 2 jalur kereta sepanjang 18 miles.

Pembangunan ruang bawah tanah itu dimulai pada tahun 1968 oleh kakek Kim Jong Un yakni Kim Il Sung.

Sementara kereta bawah tanah itu adalah buatan Jerman dan dibeli Korut tahun 1999. Namun Korut mengaku kereta itu dibuat di Korea.

Eric mengatakan di bawah tanah itu ada sejumlah stasiun yang dinamai terkait revolusi. Bukan hanya itu, ia mengatakan anda akan disambut lagu-lagu perjuangan ketika masuk ke dalam.

“Nama-nama stasiun di sana Comrade, Red Star, Glory, Liberation, dan lainnya. Masuk ke kedalaman 120 meter hanya butuh waktu sebentar dan anda akan merasa berada dalam film, karena musik perjuangan dan patriotik akan diputar lewat speaker,” jelasnya.

Pejabat militer Korut mengatakan pihaknya merencanakan latihan peluncuran misil skala besar ke wilayah AS dan Korsel. Mereka sedang merampungkan rencana menyerang Guam yang diklaim sebagai latihan perang.

Latihan ini merupakan event tahunan namun setelah Pyongyang menyatakan akan menembakkan 4 misil Hwasong ke pulau kecil yang merupakan wilayah teritorial AS dan pusat militer utama.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
Peristiwa - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 12:47 WIB

Soal Jurnalis Khashoggi, Raja Salman-Erdogan Berdiskusi Lewat Telpon

erkara pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi membuat Raja Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz turun tangan. Raja Salman pun membahas soal itu ...
Global - Jumat, 19 Oktober 2018 - 18:33 WIB

Jokowi masuk 50 Muslim berpengaruh Dunia

PRESIDEN Joko Widodo masuk dalam daftar 50 muslim paling berpengaruh di dunia. Dalam edisi 2019 daftar Muslim 500 yang dirilis ...
Peristiwa - Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:46 WIB

Bawa Gergaji Tulang, Pria Ini Diduga Bunuh dan Mutilasi Jurnalis Jamal Khashoggi

enyelidikan pembunuhan terhadap jurnalis Turki Jamal Khashoggi di Konsulat Arab Saudi mencapai titik terang.Polisi menetapkan seorang terduga pembunuh yakni dr ...
Peristiwa - Rabu, 17 Oktober 2018 - 17:58 WIB

Menlu AS temui Presiden Turki bahas wartawan hilang

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di Ankara pada Rabu (17/10). ...
Peristiwa - Rabu, 17 Oktober 2018 - 10:00 WIB

Pippa Middleton Melahirkan Anak Pertamanya

Pippa Middleton dan James Matthews kini tengah berbahagia. Pasalnya adik perempuan The Duchess of Cambridge itu baru-baru ini melahirkan anak ...
Peristiwa - Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:22 WIB

Bukan Jadi Duta, Selebriti Cina Ini Ditahan Karena Dianggap Hina Lagu Kebangsaan

Seorang selebriti online di Cina ditahan gegara dianggap menghina lagu kebangsaan. Wanita cantik bernama Yang Kaili itu ditahan selama 5 ...