Selasa, 22 Agustus 2017 | 17.54 WIB
KiniNEWS>Dunia>Global>Punya Bunker Bawah Tanah Seperti Ini, Bikin Korut Tak Takut AS?

Punya Bunker Bawah Tanah Seperti Ini, Bikin Korut Tak Takut AS?

Reporter : Riki AB. | Sabtu, 12 Agustus 2017 - 11:31 WIB

IMG-4633

Sistem kereta bawah tanah korut, diklaim mejadi sistem metro terdalam di dunia. (Ist)

Pyongyang, kini.co.id – Korea Utara terus memberikan sinyal penyerangan terhadap Amerika Serikat dan wilayahnya. Baru-baru ini, Presiden Korea Utara (Korut), Kim Jong Un juga memulai uji coba rudal balistik mereka.

Tak hanya uji coba, Korut juga merencanakan serangan ke Guam, yang merupakan wilayah Amerika Serikat.

Korut tampaknya tak segan memamerkan kecanggihan peralatan perang mereka dan menunjukkan betapa mereka tidak takut menghadapi negara adikuasa seperti AS.

Baru-baru ini tersebar foto sistem metro bawah tanah milik Korea Utara. Foto-foto itu diambil fotografer asal Perancis, Eric Laforgue yang sedang melakukan perjalanan kesana.

Dikutip dari Dailymail, Sabtu (12/8/2017) kereta bawah tanah milik Korut ini diklaim menjadi sistem metro terdalam di dunia. Sehingga, jika ada serangan nuklir, warga Korut bisa bersembunyi di kedalaman 360 kaki.

Keberadaan sistem metro bawah tanah ini juga disebut alasan mengapa Korut tak pernah takut dengan ancaman perang AS. Bahkan baru-baru ini pejabat tinggi Korut menyatakan mereka tidak gentar terhadap serangan AS.

Secara normal, ruang bawah tanah ini berfungsi sebagai transportasi bawah tanah. Namun, itu juga akan berubah menjadi shelter perlindungan ketika perang meletus.

Sistem metro bawah tanah ini berada di kedalaman 360 kaki di bawah kota Pyongyang dan memiliki 2 jalur kereta sepanjang 18 miles.

Pembangunan ruang bawah tanah itu dimulai pada tahun 1968 oleh kakek Kim Jong Un yakni Kim Il Sung.

Sementara kereta bawah tanah itu adalah buatan Jerman dan dibeli Korut tahun 1999. Namun Korut mengaku kereta itu dibuat di Korea.

Eric mengatakan di bawah tanah itu ada sejumlah stasiun yang dinamai terkait revolusi. Bukan hanya itu, ia mengatakan anda akan disambut lagu-lagu perjuangan ketika masuk ke dalam.

“Nama-nama stasiun di sana Comrade, Red Star, Glory, Liberation, dan lainnya. Masuk ke kedalaman 120 meter hanya butuh waktu sebentar dan anda akan merasa berada dalam film, karena musik perjuangan dan patriotik akan diputar lewat speaker,” jelasnya.

Pejabat militer Korut mengatakan pihaknya merencanakan latihan peluncuran misil skala besar ke wilayah AS dan Korsel. Mereka sedang merampungkan rencana menyerang Guam yang diklaim sebagai latihan perang.

Latihan ini merupakan event tahunan namun setelah Pyongyang menyatakan akan menembakkan 4 misil Hwasong ke pulau kecil yang merupakan wilayah teritorial AS dan pusat militer utama.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
Tercemar Limbah, Anjing di India jadi Biru dan Buta
Peristiwa - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 11:32 WIB

Tercemar Limbah, Anjing di India jadi Biru dan Buta

Limbah beracun bisa berdampak buruh bahkan mematikan bagi makhluk hidup di sekitarnya.Di Mumbai India, anjing-anjing liar berubah menjadi warna biru.Perubahan ...
Pendapatan Alibaba Kuartal II Capai 50,1 Miliar Yuan
Finance - Jumat, 18 Agustus 2017 - 13:32 WIB

Pendapatan Alibaba Kuartal II Capai 50,1 Miliar Yuan

Raksasa e-commerce asal China mengalahkan perkiraan analis dengan kenaikan pendapatan kuartal keduanya yang cukup fantastis. Diilansir dari Reuters pada Jumat ...
Diserang Teroris, Begini Duka Neymar untuk Barcelona
Peristiwa - Jumat, 18 Agustus 2017 - 10:02 WIB

Diserang Teroris, Begini Duka Neymar untuk Barcelona

Insiden yang menewaskan belasan orang di Barcelona membuat banyak pihak prihatin.Salahsatunya dari penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Neymar da Silva.Pesepakbola itu ...
ISIS Teror Barcelona, 13 Orang Tewas
Peristiwa - Jumat, 18 Agustus 2017 - 08:33 WIB

ISIS Teror Barcelona, 13 Orang Tewas

Sebuah van melaju kencang dan menabrak ratusan orang di jalanan Barcelona, Spanyol, Kamis (17/8/2017) waktu Barcelona.Van tersebut diduga sengaja menabrak ...
Paska Serangan Van, Spanyol Perketat Keamanan
Peristiwa - Jumat, 18 Agustus 2017 - 07:12 WIB

Paska Serangan Van, Spanyol Perketat Keamanan

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan, Kamis, ia akan mengkoordinasikan upaya untuk memperketat pengamanan setelah serangan maut menggunakan mobil van ...
Mobil Van Tabrak 13 orang Hingga Tewas di Barcelona Diakui Serangan IS
Peristiwa - Jumat, 18 Agustus 2017 - 06:20 WIB

Mobil Van Tabrak 13 orang Hingga Tewas di Barcelona Diakui Serangan IS

Serangan mobil van yang menabrak kerumunan orang di Las Ramblas, Barcelona, Spanyol, Kamis (17/8) waktu setempat, sebanyak 13 orang dinyatakan ...