Jumat, 15 Desember 2017 | 23.07 WIB
KiniNEWS>Dunia>Global>Punya Bunker Bawah Tanah Seperti Ini, Bikin Korut Tak Takut AS?

Punya Bunker Bawah Tanah Seperti Ini, Bikin Korut Tak Takut AS?

Reporter : Riki AB. | Sabtu, 12 Agustus 2017 - 11:31 WIB

IMG-4633

Sistem kereta bawah tanah korut, diklaim mejadi sistem metro terdalam di dunia. (Ist)

Pyongyang, kini.co.id – Korea Utara terus memberikan sinyal penyerangan terhadap Amerika Serikat dan wilayahnya. Baru-baru ini, Presiden Korea Utara (Korut), Kim Jong Un juga memulai uji coba rudal balistik mereka.

Tak hanya uji coba, Korut juga merencanakan serangan ke Guam, yang merupakan wilayah Amerika Serikat.

Korut tampaknya tak segan memamerkan kecanggihan peralatan perang mereka dan menunjukkan betapa mereka tidak takut menghadapi negara adikuasa seperti AS.

Baru-baru ini tersebar foto sistem metro bawah tanah milik Korea Utara. Foto-foto itu diambil fotografer asal Perancis, Eric Laforgue yang sedang melakukan perjalanan kesana.

Dikutip dari Dailymail, Sabtu (12/8/2017) kereta bawah tanah milik Korut ini diklaim menjadi sistem metro terdalam di dunia. Sehingga, jika ada serangan nuklir, warga Korut bisa bersembunyi di kedalaman 360 kaki.

Keberadaan sistem metro bawah tanah ini juga disebut alasan mengapa Korut tak pernah takut dengan ancaman perang AS. Bahkan baru-baru ini pejabat tinggi Korut menyatakan mereka tidak gentar terhadap serangan AS.

Secara normal, ruang bawah tanah ini berfungsi sebagai transportasi bawah tanah. Namun, itu juga akan berubah menjadi shelter perlindungan ketika perang meletus.

Sistem metro bawah tanah ini berada di kedalaman 360 kaki di bawah kota Pyongyang dan memiliki 2 jalur kereta sepanjang 18 miles.

Pembangunan ruang bawah tanah itu dimulai pada tahun 1968 oleh kakek Kim Jong Un yakni Kim Il Sung.

Sementara kereta bawah tanah itu adalah buatan Jerman dan dibeli Korut tahun 1999. Namun Korut mengaku kereta itu dibuat di Korea.

Eric mengatakan di bawah tanah itu ada sejumlah stasiun yang dinamai terkait revolusi. Bukan hanya itu, ia mengatakan anda akan disambut lagu-lagu perjuangan ketika masuk ke dalam.

“Nama-nama stasiun di sana Comrade, Red Star, Glory, Liberation, dan lainnya. Masuk ke kedalaman 120 meter hanya butuh waktu sebentar dan anda akan merasa berada dalam film, karena musik perjuangan dan patriotik akan diputar lewat speaker,” jelasnya.

Pejabat militer Korut mengatakan pihaknya merencanakan latihan peluncuran misil skala besar ke wilayah AS dan Korsel. Mereka sedang merampungkan rencana menyerang Guam yang diklaim sebagai latihan perang.

Latihan ini merupakan event tahunan namun setelah Pyongyang menyatakan akan menembakkan 4 misil Hwasong ke pulau kecil yang merupakan wilayah teritorial AS dan pusat militer utama.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
Hindari Perang Korea, Sekjen PBB Minta Resolusi Dewan Kemanan Dilaksanakan
Global - Kamis, 14 Desember 2017 - 15:21 WIB

Hindari Perang Korea, Sekjen PBB Minta Resolusi Dewan Kemanan Dilaksanakan

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengatakan Korea Utara harus melaksanakan resolusi Dewan Keamanan PBB.Hal ini untuk menghindari perang nuklir yang ...
Efek Intervensi Trump, Masyarakat Arab Saudi Ajak Boikot Restoran AS
Global - Kamis, 14 Desember 2017 - 15:01 WIB

Efek Intervensi Trump, Masyarakat Arab Saudi Ajak Boikot Restoran AS

Akibat keputusan Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, gelombang protes tak berhenti terjadi. Tidak terkecuali di media sosial.Bahkan di ...
Ada Konflik Rohingya, Penghargaan Pemimpin Myanmar Suu Kyi Dicabut
Global - Kamis, 14 Desember 2017 - 13:21 WIB

Ada Konflik Rohingya, Penghargaan Pemimpin Myanmar Suu Kyi Dicabut

Penindasannyang dilakukan militer Myanmar terhadap suku Rohingya di Rakhine membuat dunia marah. Terlebih sebelumnya pemimpin negara itu mendapatkan penghargaan terkait ...
Erdogan kecam langkah AS soal Yerusalem di Pertemuan OKI
Global - Rabu, 13 Desember 2017 - 23:58 WIB

Erdogan kecam langkah AS soal Yerusalem di Pertemuan OKI

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengajak semua negara yang mengikuti hukum internasional untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Palestina “yang ...
KTT OKI sepakati deklarasi Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina
Global - Rabu, 13 Desember 2017 - 23:49 WIB

KTT OKI sepakati deklarasi Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina

Pemimpin dari 57 negara Muslim yang hadir pada KTT Luar Biasa OKI di Istanbul, pada hari ini (13/12), menyerukan dunia ...
Lebih dari ratusan orang luka-luka akibat protes di Palestina
Global - Minggu, 10 Desember 2017 - 13:11 WIB

Lebih dari ratusan orang luka-luka akibat protes di Palestina

Bulan Sabit Merah Palestina dalam pernyataan tertulisnya menyebutkan sekitar dua ratus lebih warga Palestina terluka dalam protes terbaru di ...