Selasa, 22 Agustus 2017 | 18.00 WIB
KiniNEWS>Dunia>Politik>Debat DK-PBB, Indonesia Desak Kebebasan Beribadah Rakyat Palestina

Debat DK-PBB, Indonesia Desak Kebebasan Beribadah Rakyat Palestina

Reporter : Bambang Medy | Kamis, 27 Juli 2017 - 03:23 WIB

IMG-4609

Warga palestina menggelar sholat di sekitar Al-Aqsa yang dijaga ketat tentara Israel. TRTalarabiya.

JAKARTA, kini.co.id – Pemerintah Indonesia menegaskan tidak menerima adanya penggunaan kekerasan serta pelanggaran terhadap hak-hak dasar rakyat Palestina, termasuk untuk menjalankan ibadah.

Hal itu disampaikan delegasi tetap Indonesia dalam debat terbuka yang diadakan Dewan Keamanan (DK) PBB di New York, Amerika Serikat.

Delegasi Indonesia juga mengecam tindakan kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilakukan oleh aparat keamanan Israel terhadap jamaah Palestina. Tindak kekerasan itu telah menimbulkan korban jiwa dan lebih dari seratus orang luka-luka.

Pemerintah Indonesia juga menyampaikan bahwa pembatasan akses beribadah di Masjid Al-Aqsa dan menegaskan bahwa pembatasan itu adalah tindakan provokatif yang mengancam seluruh proses perdamaian Palestina-Israel, serta pelanggaran atas hak kebebasan beragama masyarakat Palestina.

Di depan anggota DK PBB, Delegasi Indonesia juga menekankan bahwa Israel harus mempertahankan “status quo” terhadap keberadaan Yerusalem dan kompleks Masjid Al-Aqsa.

Terkait hal itu, Pemerintah Indonesia mengusulkan agar masyarakat internasional menjadikan kompleks Masjid Al-Aqsa sebagai area di bawah perlindungan internasional guna memastikan agar masyarakat Palestina terjamin haknya dalam menjalankan ibadah secara aman.

“Komunitas internasional dapat menggali opsi-opsi untuk memastikan kompleks Masjid Suci Al-Aqsa tetap mendapatkan pengawasan dan perlindungan internasional PBB sehingga seluruh jamaah dapat melaksanakan kegiatan ibadah mereka dengan harmonis dan damai,” kata Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, Duta Besar Dian Triansyah Djani.

Pernyataan Delegasi Indonesia di DK PBB merupakan manifestasi dari hal yang disampaikan Menlu RI Retno Marsudi pada pertemuan dengan para duta besar negara-negara anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) di Jakarta pada Selasa, 25 Juli 2017.

Menlu RI dalam pertemuan tersebut menegaskan pentingnya negara-negara anggota OKI mendorong DK PBB mengambil langkah untuk mengembalikan semua akses bagi jamaah untuk beribadah di kompleks Masjid Al-Aqsa dan mencegah terulangnya kembali kekerasan.

Menlu Retno juga mengajak negara-negara OKI untuk solid dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina yang sudah 50 tahun diperjuangkan.

Pemerintah Indonesia serius dalam komitmennya mendukung hak-hak bangsa Palestina, dan selalu berada di garis depan dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“Indonesia secara tegas menyatakan bahwa 50 tahun pendudukan Israel terhadap Palestina sudah terlalu lama: enough is enough! Masyarakat Internasional tidak bisa menunggu 50 tahun lagi untuk kebebasan Palestina,” tutup delegasi Indonesia dalam debat terbuka DK PBB. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
Tercemar Limbah, Anjing di India jadi Biru dan Buta
Peristiwa - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 11:32 WIB

Tercemar Limbah, Anjing di India jadi Biru dan Buta

Limbah beracun bisa berdampak buruh bahkan mematikan bagi makhluk hidup di sekitarnya.Di Mumbai India, anjing-anjing liar berubah menjadi warna biru.Perubahan ...
Pendapatan Alibaba Kuartal II Capai 50,1 Miliar Yuan
Finance - Jumat, 18 Agustus 2017 - 13:32 WIB

Pendapatan Alibaba Kuartal II Capai 50,1 Miliar Yuan

Raksasa e-commerce asal China mengalahkan perkiraan analis dengan kenaikan pendapatan kuartal keduanya yang cukup fantastis. Diilansir dari Reuters pada Jumat ...
Diserang Teroris, Begini Duka Neymar untuk Barcelona
Peristiwa - Jumat, 18 Agustus 2017 - 10:02 WIB

Diserang Teroris, Begini Duka Neymar untuk Barcelona

Insiden yang menewaskan belasan orang di Barcelona membuat banyak pihak prihatin.Salahsatunya dari penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Neymar da Silva.Pesepakbola itu ...
ISIS Teror Barcelona, 13 Orang Tewas
Peristiwa - Jumat, 18 Agustus 2017 - 08:33 WIB

ISIS Teror Barcelona, 13 Orang Tewas

Sebuah van melaju kencang dan menabrak ratusan orang di jalanan Barcelona, Spanyol, Kamis (17/8/2017) waktu Barcelona.Van tersebut diduga sengaja menabrak ...
Paska Serangan Van, Spanyol Perketat Keamanan
Peristiwa - Jumat, 18 Agustus 2017 - 07:12 WIB

Paska Serangan Van, Spanyol Perketat Keamanan

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan, Kamis, ia akan mengkoordinasikan upaya untuk memperketat pengamanan setelah serangan maut menggunakan mobil van ...
Mobil Van Tabrak 13 orang Hingga Tewas di Barcelona Diakui Serangan IS
Peristiwa - Jumat, 18 Agustus 2017 - 06:20 WIB

Mobil Van Tabrak 13 orang Hingga Tewas di Barcelona Diakui Serangan IS

Serangan mobil van yang menabrak kerumunan orang di Las Ramblas, Barcelona, Spanyol, Kamis (17/8) waktu setempat, sebanyak 13 orang dinyatakan ...