Kamis, 19 Oktober 2017 | 19.51 WIB
KiniNEWS>Dunia>Peristiwa>Raja Salman Hadapi Hujan ‘Selfie’ dalam Kunjungan ke Asia

Raja Salman Hadapi Hujan ‘Selfie’ dalam Kunjungan ke Asia

Reporter : M. Zaki | Sabtu, 4 Maret 2017 - 11:18 WIB

IMG-4440

Raja Salman berselfie bersama Puan Maharani, Megawati dan Presiden Jokowi. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud menyambut tren swafoto atau “selfie”, ambil bagian dalam sejumlah pengambilan foto dan video secara santai dalam kunjungannya ke Asia, yang kontras dengan kemegahan dan formalitas dalam sebagian besar kunjungan luar negerinya.

Seperti dilansir voaindonesia, dalam hari-hari pertama tur regional yang panjang, raja tampil bersama para pejabat papan atas di Indonesia dan Malaysia dalam foto-foto dan video yang telah disebarkan di internet berjuta kali.

Di Malaysia, Raja Salman berselfie didalam mobil dengan Nazib Rajak, Perdana Mentri Malaysia. Foto Ulama Malaysia, Syaikh Hasan Yee Abdullah yang mencium kening Raja Salman pun viral.

Saat tiba di Indonesia, Presiden Jokowi mengunggah di Facebook sebuah video dirinya, atau disebut vlog, sedang makan bersama raja di Istana Bogor.

Dalam video tersebut, kedua pemimpin itu berkomentar soal kunjungan ke Indonesia, yang pertama oleh seorang raja Saudi dalam hampir lima dekade, dan memberi pemirsa kesempatan langka melihat sebuah acara kenegaraan.

Saat Presiden memegang kamera ponsel, raja terlihat menyantap sup dan menggunakan peralatan makan berwarna emas sebelum berkomentar dalam Bahasa Arab mengenai kunjungannya selama 12 hari di Indonesia, atau yang terlama dalam tur sebulan ke Asia.

“Saya sangat senang ada di Indonesia dan sedang bersama rakyat Indonesia,” ujar Raja Salman ke arah kamera, sementara penerjemah yang duduk di belakangnya menerjemahkan kata-katanya ke dalam Bahasa Indonesia.

Raja juga terlihat berpose untuk swafoto bersama mantan presiden Megawati Sukarnoputri dan putrinya Puan Maharani, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Meskipun langka, Raja Salman kadang-kadang muncul di media sosial sebelumnya, termasuk ketika ia berpose tahun lalu untuk swafoto di Qatar bersama seorang remaja yang telah sembuh dari kanker.

Raja bepergian dengan rombongan yang terdiri dari beberapa ratus orang dan hampir 500 ton barang bawaan, termasuk dua eskalator berwarna emas.

Setelah Jakarta, selain agenda diplomasi anatara Indonesia-Saudi Arabia diberbagai bidang delegasi Raja Salman juga akan berlibur di Bali, di mana empat hotel dan 300 mobil mewah telah disewa untuk lebih dari seminggu, menurut polisi san asosiasi agen wisata.

Raja juga akan mengunjungi Brunei, China, Jepang, Maladewa dan Yordania.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
2 TKI Terhukum Mati Diselamatkan Negara
Global - Sabtu, 14 Oktober 2017 - 14:37 WIB

2 TKI Terhukum Mati Diselamatkan Negara

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Muhammad Iqbal mengatakan pemerintah Indonesia telah berhasil membebaskan 1 WNI dari hukuman mati di ...
Protes Soal Rudal, Malaysia Stop Impor Barang dari Korut
Global - Sabtu, 14 Oktober 2017 - 09:53 WIB

Protes Soal Rudal, Malaysia Stop Impor Barang dari Korut

Setelah melarang warganya pergi ke Korea Utara, kini Malaysia mengambil langkah tegas dengan menghentikan semua impor barang dari Korut.Hal ini ...
Pesawat Tempur AS Terbang ke Semenanjung Korea
Global - Rabu, 11 Oktober 2017 - 13:01 WIB

Pesawat Tempur AS Terbang ke Semenanjung Korea

Setelah mengecam Korea Utara terkait percobaan rudal balistiknya, kini AS mulai menerbangkan 2 pesawat tempurnya di Semenanjung Korea.Pesawat bomber B-1B ...
Cuek dengan Sanksi PBB, Korut Bangga dengan Pembangunan Nuklir
Global - Senin, 9 Oktober 2017 - 09:42 WIB

Cuek dengan Sanksi PBB, Korut Bangga dengan Pembangunan Nuklir

Meski dihujat dunia dan diberikan sanksi ketat oleh PBB, Kim Jong Un tampaknya samasekali tak terpengaruh.Alih-alih meredakan aksi uji coba ...
Inggris Buru Anak Osama Bin Laden Dalam Keadaan Hidup Atau Mati
Global - Senin, 2 Oktober 2017 - 13:15 WIB

Inggris Buru Anak Osama Bin Laden Dalam Keadaan Hidup Atau Mati

Hamza Bin Laden, adalah anak bungsu dari Osama Bin Laden pemimpin teroris Al Qaeda yang kini diburu oleh pasukan khusus ...
PBB bantah terima petisi referendum Papua Barat
- Sabtu, 30 September 2017 - 12:53 WIB

PBB bantah terima petisi referendum Papua Barat

Komite Dekolonisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menolak laporan petisi rahasia yang menuntut referendum bebas untuk kemerdekaan di Papua Barat.Ketua Komite, Rafael ...