Selasa, 16 Oktober 2018 | 20.12 WIB
KiniNEWS>Dunia>Finance>Starbucks Korea Memimpin Dalam Memperkerjakan Penyandang Disabilitas

Starbucks Korea Memimpin Dalam Memperkerjakan Penyandang Disabilitas

Reporter : Ary Syahputra | Rabu, 1 Februari 2017 - 15:33 WIB

IMG-4309

Ilustrasi

Seoul, kini.co.id – Starbucks Korea merupakan perusahaan yang memulai kebijakan untuk memperkerjakan tenaga kerja penyandang disabilitas dan terbilang berhasil sejak diluncuran program penerimaan barista untuk disabilitas pada 2007.

Mereka juga bekerjasama dengan ‘Agensi Pekerja Korea untuk Penyandang Disabilitas’ sejak 2011dan sudah memperkerjakan setidaknya 50 barista penyandang disabilitas setiap tahunnya setelah itu.

Kebanyakan para pekerja tersebut adalah penyandang tuna rungu atau yang memiliki masalah pada pendengarannya, tetapi Starbucks tidak membiarkan kekurangan tersebut memperngaruhi kinerja karyawannya.

Salah satunya dari karyawan penyandang disabilitas tersebut adalah Kim Kyung Ho yang sekarang juga menjabat sebagai pengawas di Starbucks Gimpo Janggi.

Dia bercerita bagaimana perjuangannya hingga akhirnya bisa mendapatkan jabatannya yang sekarang.

Dia mengatakan pada awalnya dia bahkan harus berlatih ribuan kali untuk sekedar mengucapkan ‘Selamat Datang di Starbuck’ agar membuat kalimat itu terdengar normal.

“Aku sangat menyukai membuat kopi, tapi apa yang lebih membuatku senang adalah berbicara dengan pelanggan. Awalnya, ada banyak kesalapahaman ketika Aku tidak bisa mengerti apa yang pelanggan ucapkan, tapi seiring waktu aku mulai membaca gerakan bibir, mata serta ekspresi mereka dan Aku akhirnya bisa berbicara dengan mereka.

Bahkan kini, pelanggan yang selalu datang kesini berbicara dengan pelan sehingga Aku dapat mengerti atau menuliskannya di kertas untukku,” cerita Kim Kyung Ho, seperti dikutip dari Allkpop, Rabu (1/2/2017).

Starbucks Korea diketahui sangat aktif dalam mempekerjakan orang-orang penyandang disabilitas. Walaupun pekerja penyandang disabilitas mereka hanya sekitar 3% dan terlihat rendah, namun itu adalah yang tertinggi dibandingkan rata-rata posisi pelayan penyandang disabilitas secara kesulurahan hanya dibawah 1%.

Starbucks Korea bahkan menyediakan pekerja mereka dengan keamanan bekerja dan menolong mereka agar dapat beradaptasi dalam lingkungan kerja. Dengan program mempekerjakan penyandang disabilitas mereka, mereka dapat membantu orang-orang yang mungkin sebaliknya melawan diskriminasi di tempat kerja lain.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
Peristiwa - Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:22 WIB

Bukan Jadi Duta, Selebriti Cina Ini Ditahan Karena Dianggap Hina Lagu Kebangsaan

Seorang selebriti online di Cina ditahan gegara dianggap menghina lagu kebangsaan. Wanita cantik bernama Yang Kaili itu ditahan selama 5 ...
Peristiwa - Senin, 15 Oktober 2018 - 18:00 WIB

Seorang wanita tewas jatuh dari lantai 27 saat selfie

SANDRA Manuela, perempuan asal Panama, tewas terjatuh dari lantai 27 sebuah apartemen di Panama. Dia tewa ketika hendak berswafoto (selfie). ...
- Senin, 15 Oktober 2018 - 16:01 WIB

Kerajaan Inggris Umumkan Kehamilan Meghan Markle

Keluarga kerajaan Inggris tengah diselimuti perasaan bahagia. Pasalnya Meghan Markle, Istri dari Pangeran Harry sedang mengandung buah hati pertamanya.Kabar bahagia ...
Global - Sabtu, 13 Oktober 2018 - 11:10 WIB

Hadiri Pernikahan Putri Eugenie, Sepatu Bolong Pangeran Harry jadi Sorotan

Pernikahan kerajaan (royal wedding) di Inggris memang selalu menjadi sorotan dunia. Hari ini, pernikahan Putri Eugenie of York menikah dengan ...
Finance - Kamis, 11 Oktober 2018 - 15:52 WIB

Terkaya di Cina, Berapa Harta Jack Ma?

Hurun China Rich List menempatkan CEO Alibaba Group Jack Ma sebagai orang paling kaya di Cina.Dilansir dari CRI, radio resmi ...
Finance - Rabu, 10 Oktober 2018 - 11:23 WIB

Hari ketiga Konferensi IMF-WB diwarnai pertemuan BI-FED

Rangkaian pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank 2018 di Bali telah memasuki hari ketiga. Banyak seminar dan diskusi yang ...