Jumat, 22 November 2019 | 05.32 WIB
KiniNEWS>Dunia>Peristiwa>Diduga TNT 12 KG Hancurkan Katedral Mesir, 25 Tewas.

Diduga TNT 12 KG Hancurkan Katedral Mesir, 25 Tewas.

Reporter : Bambang Medy | Selasa, 13 Desember 2016 - 10:10 WIB

IMG-4121

Diduga Bom Seberat 12 KG Hancurkan Katedral di Mesir (Ist)

Kairo, kini.co.id – Aksi pengeboman yang dilakukan di gereja distrik Abbassiya mesir, Minggu pagi (11/12/2016) diduga menggunakan TNT seberat 12 Kg. Meski demikian, bom berdaya ledak tinggi itu masih dalam penyelidikan polisi.

Setidaknya aksi teroris itu telah meluluhlantakkan gereja kecil Santo Petrus dan Santo Paulus yang berdampingan dengan Katedral Ortodoks Koptik St Mark. Sekitar 25 orang tewas dan puluhan orang luka-luka dalam aksi tersebut.

Kantor berita Mesir, MENA, menyebutkan, diduga teroris memakai TNT seberat 12 Kg, namun pihak keamanan mesir masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait jenis bom yang dipakai. Aksi teror ini telah menyebabkan kerusakan cukup parah.

Selain merusak, pengeboman ini ditujukan ke salah satu situs agama yang paling suci bagi kelompok etno-religius yang berpusat di Mesir.

Gereja Ortodoks Koptik merilis sebuah pernyataan di halaman Facebook-nya menyatakan duka yang mendalam akibat aksi kekerasan dan tindakan terorisme yang menyerang jamaah. Hingga saat ini belum ada kelompok militan yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Gerakan Hasam yang bertanggung jawab atas serangkaian aksi teror yang menargetkan pasukan keamanan Mesir beberapa waktu lalu juga mengutuk aksi pemboman itu.

“Nabi kita telah mengajarkan kita berjuang untuk tidak membunuh anak atau wanita atau orang tua atau penyembah di tempatnya ibadah,” ujar Gerakan Hasam, dalam pernyataan di halaman Facebook-nya.

Sementara, Presiden Abdel Fattah El Sisi mengutuk serangan itu dan menyatakan hari berkabung nasional selama 3 hari.

“Menyerang gereja apakah itu dengan merusak, pengeboman, dan membunuh orang-orang didalamnya serta menakuti orang orang beribadah sangat dilarang di Syariah Islam,” kata Pejabat tinggi Mesir Sheikh Shawky Ibrahim Abdel-Karim Allam.

Dia juga menambahkann “Terorisme hitam mencoba untuk menghasut sektarianisme dan hasutan di antara dua sayap Mesir-Muslim dan Kristen dalam upaya untuk melemahkan bangsa.”

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Dunia Terkini Lainnya
Unik - Senin, 28 Januari 2019 - 13:55 WIB

India larang SD main game PUBG

PARA pemain PlayerUnknowns BattleGrounds (PUBG) Mobile di India harus menahan diri. Bagi kalangan sekolah dasar (SD), game ini resmi dilarang, ...
Peristiwa - Senin, 21 Januari 2019 - 11:00 WIB

Pintu Membeku, 250 Penumpang United Airlines Terdampar Selama 16 Jam

250 Penumpang United Airlines terdampar selama 16 jam di landasan salah satu bandara yang ada di Kanada. Ini lantaran pintu ...
Peristiwa - Jumat, 18 Januari 2019 - 10:42 WIB

Nelayan Indonesia bersumpah mengetahui lokasi jatuhnya MH370

SEORANG nelayan asal Indonesia bernama Rusli Khusmin secara mendadak mengungkap tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 di Subang Jaya, ...
Peristiwa - Jumat, 18 Januari 2019 - 09:45 WIB

Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth, kecelakaan lalu lintas

SUAMI Ratu Inggris Elizabeth II, Pangeran Philip dikabarkan mengalami kecelakaan lalu lintas di sebuah kawasan, 160 kilometer sebelah utara ...
Peristiwa - Jumat, 18 Januari 2019 - 09:28 WIB

Ustadz Arifin Ilham membaik, segera keluar rumah sakit

USTADZ Arifin Ilham yang dirawat Rumah Sakit Gleneagles, Penang, Malaysia, dalam dua pekan terakhir, dikabarkan semakin membaik. Pihak rumah sakit ...
Peristiwa - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:32 WIB

Fakta mengerikan: Ada website jual beli daging manusia

DUNIA maya ternyata pernah menjadi rumah untuk praktik kanibalisme. Di dunia mayalah terdapat situs dan forum yang secara ternag-terangan membahas ...